Language in Diversity

Contrastive Analysis Hypotesis

Contractive Analysis Hypothesis (CAH)  merupakan theory yang di landaskan pada pemikiran behaviorist yang menyatakan bahwa Bahasa kedua merupakan hasil perkembangan dari kebiasaan – kebiasaan. Selain itu kebiasaan lama memiliki pengaruh terhadap kebiasaan baru. Tokoh dari theory ini adalah Robert Lado (1960). Contractive Analysis Hypothesis (CAH) adalah perpaduan antara teori dan metode, ada juga istilah Contractive Analysis (CA); ini adalah metode yang mengkontraskan 2 bahasa. Selai itu ada juga Contractive Hypothesis (CH); ini hanyalah sebuah asumsi.

A. Teori Contrastive Analysis Hypotesis (CAH)

Contrastive analysis hypotesis berkembang pada tahun 1950-an, di temukan oleh Robert Lado. Berdasarkan pemikiran behaviorist:

  1. SLA (Second Language Acquisition) di lihat sebagai perkembangan dari membentuk kebiasaan yang baru.
  2. Positife vs negatife transfer. Dampak dari kebiasaan bahasa pertama (L1) akan menghasilkan positif dan negatif transfer.
  3. Pedagogical Assumption of CAH:
  • L1 dan L2 diajarkan dengan proses pembentukkan kebiasaan yang sama.
  • Dua komponen dari pembelajaran bahasa adalah:
  1. Mimicry : kebiasaan yang mudah yaitu meniru dari apa yang kita dengar.
  2. Analogy : pembentukkan kebiasaan yang kompleks melalui pola kalimat yang kita pelajari tetapi menerapkannya pada situasi yang baru.

 

B. Contranstive analysis membagi dua jenis dari transfer:

1. Positif transfer : ketika kebiasaan aturan yang ada dalam bahasa L1 sama dengan bahasa L2.

Contohnya : saya makan bubur

                     I eat porridge (Positif transfer)

2. Negatif transfer : kebiasaan L1 (bahasa ibu) akan menyebabkan errors pada pembelajaran L2 (bahasa yang sedang dipelajari).

Contohnya : Gadis cantik

                     Girl beautiful ~ (Negatif transfer) error

 C. 6 basic pedagogical assumptions of the CAH:

  1. Belajar bahasa baru melibatkan pembentukkan kebiasaan berbahasa.
  2. Sumber utama dari error dalam pengucapan dan  atau penerimaan dari bahasa kedua adalah bahasa ibu.
  3. Seseorang dapat memprediksi kesalahan (error) dengan memberitahu perbedaan antara L1 dan L2.
  4. Berdasarkan item 3 adalah semakin banyak perbedaan, maka akan semakin banyak error yang terjadi.
  5. Apa yang harus seseorang lakukan dalam pembelajaran bahasa ke dua L2 adalah mempelajari perbedaannya. Persamaan yang tersembunyi bisa diabaikan secara tersembunyi.
  6. Kesulitan dan kemudahan dalam belajar adalah ditentukan secara berturut turut dengan perbedaan-perbedaaan dan persamaaan-persamaan diantara dua bahasa.

 

D. Three versions of CAH

1. The strong version: Fries & Lado

The strong version mengemukakan bahwa kesulitan atau kesalahan dalam belajar L2 dapat diprediksi dengan membuat perbedaan dari dua bahasa tersebut. Dimulai dengan menganalisis linguisticnya dan kemudian prediksi kesalahan yang akan muncul.

2. The weak version: Wardhaugh (1970)

The weak version tidak berani untuk memprediksi kesalahan yang akan muncul, tetapi setelah siswa melakukan kesalahan dengan Contrastive analysis weak version bisa menjelaskan penyebab dari terjadinya erorr tersebut.

3. The moderate version: Oller dan Ziah Osseiny

Berbeda dengan kedua versi yang di atas, moderate version menekankan pada perbedaan yang kecil yang justru menjadi penyebab terbesar error dan kesulitan-kesulitan.

 E. Problem in CAH :

  • Contrastive analysis menyatakan bahwa kesalahan siswa karena L1 (bahasa ibu), tapi hal itu dibantah karena dari semua bahasa ibu yang berbeda mereka melakukan kesalahan yang sama.
    contoh: over-regularization dari bentuk seperti He comed.
  • Ada kesalahan yang sumbernya tidak ada di L1.
  • Negatif transfer tidak selalu terjadi meskipun pola kalimatnya berbeda.
  • Contrastive analisis tidak memperhatikan afektif faktor dari siswanya.
  • Membedakan atau memetakan  bagian bahasa L1 & L2 itu sulit karena tidak selalu spesifik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: